Sabtu, 23 Agustus 2014

anjing golden retriever . artikel hendrik golden




Golden Retriever adalah anjing trah yang mulanya dibiakkan sebagai anjing pemburu untuk mengambil burung hasil buruan yang sudah ditembak.[1] Anjing trah ini termasuk jenis Retriever (pengambil) yang menemukan atau mengambilkan burung air atau unggas liar untuk pemburu. Bulu mereka keemasan (golden) di bawah sinar matahari sehingga disebut Golden Retriever. Mereka dibiakkan sebagai anjing yang secara intuisi menyenangi air. Sewaktu mengambil hewan buruan, mereka tidak menggigit secara kasar. Burung hasil buruan diberikan kepada pemburu dalam keadaan utuh dan tidak rusak.[2] Kecerdasan dan kepandaian yang beraneka ragam menjadikan Golden Retriever sebagai anjing multiguna. Di antaranya, mereka dipekerjakan sebagai anjing pelacak narkoba, anjing penyelamat (Search and Rescue), anjing pemburu, dan anjing penuntun.[3] Sifatnya yang bersahabat, sabar, dan selalu ingin menyenangkan hati pemiliknya, menjadikan Golden Retriever sebagai salah satu anjing keluarga yang paling populer di dunia (menurut statistik pendaftaran anjing).[4]

Penampilan


Anak Golden Retriever usia 10 minggu

Standar Britania

Sejumlah variasi penampilan lazim ditemui pada Golden Retriever standar/tipe Britania di Eropa dan Australia,[5] dan Golden Retriever keturunan Amerika. Perbedaan tersebut juga tercermin dalam standar trah untuk Golden Retriever. Standar Britania bertulang lebih besar, tubuh lebih pendek, kepala yang lebih persegi, dan moncong yang umumnya sedikit agar besar. Tinggi jantan diukur sampai ke ujung atas tulang bahu harus antara 56 cm dan 61 cm, sementara betina sedikit lebih pendek, antara 51 dan 56 cm. Walaupun demikian, standar Britania tidak mencantumkan soal berat. Dibandingkan keturunan Inggris, pada Golden Retriver keturunan Amerika, kedua mata terpisah agak jauh, dan bisa agak sipit dan segitiga. Golden Retriever asal pembiakan di Inggris bisa berwarna emas (oranye) atau krem dalam berbagai nuansa warna, asalkan bukan merah atau mahoni. Pada awalnya, Golden Retriever warna krem tidak bisa diakui menurut standar Britania. Standar direvisi pada tahun 1936 untuk mengakui warna krem. Tidak diakuinya warna krem merupakan kesalahan. Retriever warna "kuning" dari abad ke-19, warnanya bahkan lebih muda dari standar yang ada sekarang. Seperti halnya di Amerika Serikat, Golden Retriever warna putih tidak bisa disertakan dalam kontes anjing.[6] Standar The Kennel Club Britania Raya dipakai di semua negara, kecuali di Amerika Serikat dan Kanada.


Standar Amerika

Dibandingkan tipe Britania, Golden Retriever tipe Amerika lebih pendek dan lebih kurus. Tinggi jantan diukur sampai ke ujung atas tulang bahu antara 58 cm dan 61 cm, sementara betina antara 55 cm dan 57 cm. Berat jantan antara 27,2 kg hingga 36,3 kg, sementara berat betina 24,94 kg hingga 36,28 kg.[7] Bulu Golden Retriever memiliki berbagai warna keemasan, tumbuh lebat dan berminyak sehingga antiair. Dibandingkan bulu di bagian lain, bulu jumbai berwarna lebih muda. Gaya berlarinya harus bebas, mulus, bertenaga, dan koordinasi keempat kaki harus baik.[8] Golden Retriever tipe Amerika diimpor dari Skotlandia pada akhir abad ke-19, hasil dari pemacakan Tweed Water Spaniel yang sekarang sudah punah dan Retriever berbulu merah berombak.[9]

Warna bulu


Golden Retrievers bisa sangat berbeda warna
Susunan bulu sangat rapat dan tahan air, bisa lurus atau agak berombak. Bulu biasanya rebah merapat ke badan. Standar American Kennel Club (AKC) menyatakan bahwa bulu "lebat, warna emas yang berkilau dalam berbagai nuansa", dan tidak mengakui bulu yang sangat terang atau sangat gelap. Oleh karena itu, "putih bersih" dan "merah" bukan warna yang diakui.[6] Standar The Kennel Club Inggris juga membolehkan bulu warna krem.[10] Juri kontes anjing bisa juga tidak mengikutsertakan Golden Retriever dengan hidung merah jambu, atau hidung kurang pigmen. Warna sejenis mahoni yang disebut "redheads" juga diakui, walaupun tidak diakui di kontes anjing.[10] Sejalan dengan bertambahnya umur, warna bulu bisa semakin tua atau terang, ditambah bulu jumbai sekitar moncong yang semakin memutih. Warna bulu anak Golden Retriever biasanya lebih terang dari anjing dewasa. Warna lebih gelap di ujung telinga menunjukkan warna bulu yang mungkin jadi semakin gelap ketika dewasa. Bulu Golden Retriever juga tidak boleh terlalu panjang, karena menyulitkan mereka sewaktu mengambil buruan.

Ciri fisik anjing Golden Retriever

  1. Bulu lurus atau bergelombang dengan bulu jumbai yang bagus; bulu dalam tebal dan tahan air.
  2. Warna bulu keemasan bila diterpa sinar, karena itu namanya Golden. Namun, tingkat kegelapan warnanya sangat beragam, mulai dari yang nyaris putih (broken white) hingga yang coklat kemerahan seperti tembaga.
  3. Berambut sedang pada bagian belakang kaki depan dan bagian bawah badan. Rambut lebih lebat ada pada leher bagian depan, belakang paha, dan sisi bawah dari ekor. Bulu pada kepala, telapak kaki, dan bagian depan kaki pendek dan rata.
  4. Badan seimbang, pendek, tebal di bagian dada. Dengan tinggian 23-24 inci. Sedangkan anjing betina mempunyai ketinggian 21,5 – 22,5 inci.
  5. Telinga berukuran sedang, menggantung hampir setinggi mata.
  6. Hidung hitam atau coklat kehitaman.
  7. Mata Coklat gelap, terpisah dengan posisi yang baik, dikelilingi lingkaran berwarna gelap.
  8. Ekor menyambung datar dengan punggung, panjangnya mencapai siku belakang (hock), tanpa melingkar di ujungnya.
  9. Telapak kaki bulat, seperti kaki kucing.

Karakter Golden Retriever

  1. Dengan pembawaan yang ramah, anjing ini selalu ingin menyenangkan pemilik dan keluarganya.
  2. Anjing yang bersahabat, penuh kasih sayang dan sangat setia kepada pemilik dan keluarganya.
  3. Cerdas, mudah dilatih dan selalu ceria, sehingga mudah berkawan dengan binatang peliharaan yang lain.
  4. Mencintai dan dekat anak-anak.
  5. Tidak mudah marah meski mendapat provokasi, selalu ingin menyenangkan pemiliknya dan memberikan keceriaan di dalam keluarga.
  6. Bukan anjing yang agresif terhadap anjing asing.
  7. Bertenaga, aktif, dan memilki keinginan bekerja yang tinggi.

Cara Merawat dan Melatih Anjing Golden Retriever

Mungkin anda adalah pecinta anjing Golden Retriever dan sedang mencari informasi tentang cara melatih dan merawat binatang ini supaya melompat, tidak menggigit, berburu dan tetap sehat. Sebagai salah satu anjing terpintar di dunia, sifat hewan ini adalah ramah, percaya diri, suka berenang di air dan ramah kepada anak kecil sehingga membuatnya cocok dijadikan binatang perliharaan keluarga. Berbeda dengan Siberian Husky, anjing ini cenderung diam dan kadang tidak menggonggong kepada orang asing yang membuatnya tidak cocok jadi anjing penjaga rumah.
Foto Jenis Anjing Golden Retriever
Cara melatih dibawah ini sangat cocok untuk diikuti oleh orang umum karena hanya mengajarkan cara melatih Golden Retriever untuk mengikuti beberapa perintah dasar seperti datang ketika tuannya memanggil, duduk, berbaring, diam dan perintah lainnya, seperti yang dikutip dari wikihow.com.
1. Anda harus sabar
Anda harus melatih anjing ini dengan sabar, terus mencoba dan jangan marah ketika anjing ini tidak mau mengikuti perintah pertama atau kedua untuk berdiri atau jalan.
2. Pilihlah makanan lezat untuknya
Reward (penghargaan) dan punishment (hukuman) menjadi metode efektif untuk melatih anjing ini. Jika dia berhasil melakukan perintah tuannya, sebaiknya berikan makanan lezat untuknya yang tidak pernah dirasakannya sebelumnya.
3. Cara melatih anjing supaya datang kepada tuannya
Pertama anda harus sudah mempunyai nama atau julukan untuk anjing ini. Kemudian mintalah temanmu untuk memegang tali anjing dan posisikan dirimu dengan jarak ideal untuk menyuruh anjing datang kepada diri anda. Coba kata “ Ayo kemari” diikuti nama anjing tersebut ketika temanmu pergi membawa anjing ini. Posisi anda sebaiknya jongkok sambil menepuk lutut sambil memegang makanan kesukaannya. Jika anjing itu mendekat, berikanlah makanan itu kepadanya. Ulangi proses ini sampai dia terbiasa.
5. Menyuruh duduk
Biarkan anjing ini berdiri didepanmu dan jaga agar dia tetap fokus dengan makanan ditanganmu. Secara perlahan arahkan tanganmu kearah bawah anjing tersebut sampai dia posisi duduk sambil mengatakan “duduk” disertai namanya. Berikan reward dengan memberikan makanan. Ulang hal ini sampai anjing Golden Retriever dapat mengoasiasikan perintah duduk dengan makanan.
6. Menyuruh untuk berbaring
Ketika anjing ini berada dalam posisi duduk, anda dapat mengajarinnya untuk berbaring. Peganglah makanan ditanganmu dan letakkan semuanya di lantai. Ketika anjing ini mulai untuk bergerak kebawah dan berbaring di lantai katakanlah “ayo berbaring” dan berikan makanan secukupnya sebagai reward ketika anjing ini mau berbaring. Ulangi proses ini beberapa kali sampai dia mengerti perintah “ayo berbaring.”
Cara diatas juga dapat anda lakukan untuk melatih anjing Golden Retriever ini untuk tidur dan membuang air di kamar mandi. Yang penting adalah kesabaran anda dan mempersiapkan makanan lezat sebagai bentuk penghargaan karena telah melakukan dan menuruti perintah anda. Cara merawat anjing ini sangat sederhana dengan memandikan dan menyisir bulunya seminggu sekali dengan shampo dan sabun khusus hewan ini. Jangan lupa untuk membersihkan telinga anjing ini karena rawan mengalami infeksi telinga. Kunjungi dokter hewan secara berkala untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ini.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar